Al Araf: Presiden Perlu Pertimbangkan Ganti Panglima TNI

Al Araf: Presiden Perlu Pertimbangkan Ganti Panglima TNI
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kanan) dan Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian (kiri). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat militer Al Araf menilai pergantian kepemimpinan di institusi TNI sudah selayaknya dilakukan terlepas dari ada tidaknya kepentingan politik individual Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk terjun ke dunia politik praktis.

Hal ini disampaikan Al Araf dalam diskusi bertajuk "Politik bukan Panglima" di Cikini, Jakarta Pusat.

Dia menyebutkan, pergantian Panglima TNI itu mau dilakukan sekarang atau nanti, tergantung pada indvidunya, dan keputusan Presiden.

Kalau Presiden merasa bahwa Panglima TNI dianggap ataupun diduga menimbulkan polemik, memunculkan persoalan dan dipersepsikan publik melakukan manuver politik, hal itu menurut Al Araf sah-sah saja di dalam demokrasi.

"Nanti tinggal bagaimana presiden menimbang. Buat saya begini, proses pergantian Panglima TNI bukan hanya persoalan individual ingin berpolitik atau tidak, tapi lebih dari itu. Ada fakta, reorganisasi dan regenerasi dan kesegaran di dalam tubuh TNI harus segera dilakukan," ucap Al Araf.

Menurut dia, Jenderal Gatot merupakan perwira tinggi angkatan 1982, di mana teman seangkatannya sudah banyak yang pensiun.

Sementara Polri dipimpin Jenderal Tito Karnavian, angkatan 1987. Di sisi lain, ada fakta juga di dalam gerbong TNI itu banyak perwira menengah kariernya mandek.

Karena itu, rotasi Panglima TNI dibutuhkan bukan karena faktor politik tapi dalam konteks regenerasi untuk penyehatan di tubuh TNI.
Terlebih jabatan tersebut sudah ditempati cukup lama oleh Gatot yang akan pensiun pada Maret 2018.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dianggap menyebabkan polemik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News