Al Munawar Ajak Umat Islam untuk Menebarkan Sikap Memaafkan

Al Munawar Ajak Umat Islam untuk Menebarkan Sikap Memaafkan
Mantan Menteri Agama Said Aqil Husin Al Munawar bertindak sebagai Khatib pada perayaan Salat Idulfitri 1440 H di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (5/6). Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Menteri Agama Said Aqil Husin Al Munawar mengajak umat Muslim untuk menebar sikap memaafkan dan membangun kebersamaan.

“Mari kita tebar sikap memaafkan dan membangun kebersamaan,” kata Al Munawar saat bertindak sebagai Khatib dan Imam pada perayaan Idulfitri 1440 H di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (5/6).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal

Tampak hadir pada perayaan Idulfitri di Masjid Istiqlal di antaranya Presiden Joko Widodo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, para duta besar negara sahabat dan ribuan jemaah umat Islam.

Lebih lanjut, Al Munawar mengatakan meminta maaf atau memaafkan tidak mudah membalikkan telapak tangan. Namun, sudah saatnya hal itu dilakukan. Sebab hakikat memaafkan adalah untuk kebaikan diri sendiri, dan bukan untuk orang lain.

“Lepaskan rasa marah, dendam dan benci kepada orang lain,” katanya.

Oleh karena itu, Al Munawar mengajak jemaah untuk memaafkan dan meredam amarah. "Meredam amarah dan mampu bersikap bijaksana adalah tolok ukur dari iman kepada Allah SWT," katanya.(fri/jpnn)


Mantan Menteri Agama Said Aqil Husin Al Munawar mengajak umat Muslim untuk menebar sikap memaafkan dan membangun kebersamaan.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News