Alat Telekomunikasi Kuasai Pasar Elektronik di Indonesia

Alat Telekomunikasi Kuasai Pasar Elektronik di Indonesia
Alat Telekomunikasi Kuasai Pasar Elektronik di Indonesia
JAKARTA - Pasar elektronik di Indonesia tercatat cukup menggembirakan. Sepanjang 2010, hasil penjualan 40 tipe produk elektronik, disebutkan mencapai Rp 83 triliun. Artinya, dibandingkan dengan tahun 2009, pasar elektronik di 2010 menikmati pertumbuhan sekitar 17 persen.

Grace Maringka, Senior Account Manager GfK Indonesia menyebutkan, peralatan elektronik rumah tangga (major domestic appliances) mencatatkan pertumbuhan tertinggi di periode itu. Yakni lebih dari 30 persen, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. "Keputusan konsumen untuk membeli peralatan rumah tangga, lebih didorong kebutuhan rasional daripada alasan emosional atau gaya hidup," ujar Grace, dalam konferensi pers di Hotel Nikko, Jakarta, Kamis (24/3).

Dalam kasus ini, terang Grace, perbaikan daya beli yang dikombinasikan dengan tingkat penetrasi pasar yang masih rendah (di bawah 25 persen), menjadi faktor utama yang mendorong performa fenomenal dari industri ini. Secara umum, menurutnya pula, konsumen mulai mengubah pola konsumsi (lebih mempertimbangkan kualitas) pada saat PDB per kapita mencapai USD 3.000.

"Berdasarkan riset GfK di lebih dari 40 tipe produk elektronik, lebih dari 40 persen nilai pasar dikontribusikan oleh alat telekomunikasi, yaitu mobile phone dan smart phone," ungkapnya.

JAKARTA - Pasar elektronik di Indonesia tercatat cukup menggembirakan. Sepanjang 2010, hasil penjualan 40 tipe produk elektronik, disebutkan mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News