Alhamdulillah, Ada Kabar Melegakan dari Hasil Survei BRI soal Index Bisnis UMKM

Alhamdulillah, Ada Kabar Melegakan dari Hasil Survei BRI soal Index Bisnis UMKM
Direktur Utama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso (kanan) merilis hasil riset Indeks Bisnis UMKM pada Kuartal III 2021. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso merilis hasil riset Indeks Bisnis UMKM pada kuartal III 2021.

Surnarso mengatakan hasil Survei Aktivitas Bisnis UMKM pada Q3 2021 mencatatkan penurunan dibandingkan kuartal sebelumnya.

Hal ini disebabkan oleh adanya meningkatnya kasus penularan infeksi Covid-19 akibat second wave pada periode Juni dan Juli lalu.

Pemberlakuan PPKM Mikro Darurat menyebabkan aktivitas dan omzet usaha yang menurun.

Hal itu menyebabkan indikator kegiatan usaha lainnya seperti pemesanan dan persediaan barang input serta penggunaan tenaga kerja pun ikut menurun.

“Namun, pelaku UMKM kembali sangat optimis menyongsong Kuartal IV 2021 karena pandemi Covid semakin terkendali, disertai dengan relaksasi PPKM Mikro dan pembukaan kembali kegiatan usaha. Hal tersebut tergambar dalam ekspektasi Indeks Bisnis UMKM yang naik signifikan 49,8 persen ke level 132,0 (jauh di atas 100),” ujar Dirut BRI Sunarso.

Hasil riset ini juga menunjukkan fakta bahwa meskipun sangat terdampak pandemi, namun pelaku UMKM cukup kuat bertahan dan resilien terhadap krisis yang terjadi.

"Tercatat hanya 20 persen pelaku UMKM yang pernah berhanti beroperasi selama periode pandemi, yakni pada Maret 2020 hingga September 2021," kata Sunarso.

Direktur Utama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso merilis hasil riset Indeks Bisnis UMKM pada Kuartal III 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News