Aliran Dana Asing Capai Rp14 T

Aliran Dana Asing Capai Rp14 T
Aliran Dana Asing Capai Rp14 T
JAKARTA - Jumlah aliran dana asing masuk (capital inflow) ke Indonesia terus meningkat. Pada Juli 2010, capital inflow yang masuk dalam sebulan mencapai Rp14 triliun. Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir tahun. Akibatnya, terjadi penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dalam beberapa bulan terakhir.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah tidak bisa menahan laju capital inflow. Namun demikian, pemerintah akan tetap melakukan langkah-langkah antisipasi.

"Agar tidak terjadi bubble (penggelembungan), maka capital inflow harus didorong ke arah yang produktif. Misalnya dengan obligasi jangka panjang dan mengarah pada infrastruktur. Indonesia bisa mencontoh India dalam mengelola capital inflow dengan membuka obligasi khusus sektor infrastruktur,’’ kata Hatta.

Menurutnya, capital inflow juga tidak perlu ditahan hanya faktor kekhawatiran. Namun yang terpenting, bagaimana capital inflow ini bisa masuk ke dalam negeri khususnya ke sektor-sektor yang produktif.

JAKARTA - Jumlah aliran dana asing masuk (capital inflow) ke Indonesia terus meningkat. Pada Juli 2010, capital inflow yang masuk dalam sebulan mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News