Alokasi APBN untuk Pendidikan Turun

Alokasi APBN untuk Pendidikan Turun
Alokasi APBN untuk Pendidikan Turun
JAKARTA - Alokasi anggaran di kementerian pendidikan nasional (kemendiknas) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011 akan berkurang. Setelah pemerintah pusat mengalihkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) ke pemerintah daerah (pemda).

Menteri Pendidikan Nasional (mendiknas) M. Nuh mengungkapkan, dalam RAPBN 2011 anggaran pendidikan dialokasikan Rp 50,3 triliun atau sebesar 23,9 persen dari total APBN sebesar Rp1.202 triliun. Nilai anggaran itu, kata Nuh, lebih kecil dibandingkan anggaran tahun ini. Yang jumlahnya mencapai Rp 51,8 triliun atau sebesar 21,73 persen.

Nuh menjelaskan, nilai anggaran tahun depan memang terhitung mengalami penurunan. Tapi persentase anggarannya meningkat 2,2 persen. Mantan rector ITS Surabaya itu mengatakan, berkurangnya anggaran tersebut dikarenakan pengalihan anggaran BOS dialihkan ke pemerintah daerah. "Tidak lagi dialokasikan ke Kemendiknas, tapi langsung ke daerah masing-masing," ujarnya.

Mantan menteri komunikasi dan informasi (menkominfo) itu menyebut, pengalihan itu sebagai upaya untuk mengatasi keterlambatan turunnya dana BOS ke sekolah. Dimana setiap siswa SD/SLB yang tinggal di kota akan diberikan BOS sebesar Rp 400 ribu pertahun.

JAKARTA - Alokasi anggaran di kementerian pendidikan nasional (kemendiknas) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011 akan berkurang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News