Amankah Pemanis Buatan untuk Penderita Diabetes?

Minggu, 31 Mei 2020 – 09:30 WIB
Amankah Pemanis Buatan untuk Penderita Diabetes? - JPNN.com

jpnn.com - Salah satu anjuran yang umum untuk pasien diabetes adalah menghindari makanan dan minuman manis. Pasalnya, jenis makanan dan minuman tersebut dapat membuat kadar gula melonjak tinggi dalam darah sehingga diabetes makin sulit terkontrol dan risiko komplikasi pun makin besar.

Sebagai alternatifnya, pemanis buatan pun kerap dijadikan pilihan. Pertanyaannya, amankah pemanis buatan untuk penderita diabetes?

Pemanis Buatan untuk Penderita Diabetes, Bolehkah?

Kemajuan teknologi pangan memungkinkan adanya pemanis buatan nonkalori dan tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Inilah yang membuat pemanis buatan untuk penderita diabetes dianggap aman. Selain itu, pemanis buatan pun memiliki rasa yang lebih manis daripada gula biasa. 

Meski demikian, sekalipun ada pemanis buatan yang aman untuk diabetes, bukan berarti penderita diabetes boleh dengan bebas mengonsumsinya. Jumlahnya tetap harus dibatasi.

Pemanis Buatan yang Aman bagi Penderita Diabetes

Pemanis buatan dibuat melalui proses kimiawi di laboratorium. Karena itu, para diabetesi harus paham mengenai jenis pemanis buatan yang tepat. Berikut adalah beberapa jenis pemanis buatan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes:

1. Aspartam 

Aspartam merupakan jenis pemanis buatan untuk penderita diabetes yang paling sering ditemukan di pasaran. Pemanis ini dapat digunakan untuk makanan di suhu hangat ataupun dingin.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...