Rabu, 19 September 2018 – 17:47 WIB

Anak Tewas di Sydney, Wabah Flu Dikhawatirkan Memburuk

Jumat, 13 Juli 2018 – 14:00 WIB
Anak Tewas di Sydney, Wabah Flu Dikhawatirkan Memburuk - JPNN.COM

Di Australia seorang anak telah meninggal dan 18 lainnya masih dirawat di rumah sakit karena menderita flu di negara bagian New South Wales selama sebulan terakhir.

Data ini membuat pihak berwenang di bidang kesehatan memberikan peringatan penting kepada warga untuk waspada akan adanya wabah flu yang bisa memakan korban anak-anak, lansia atau mereka yang memiliki kekebalan tubuh rendah karena penyakit.

Saat ini di Australia sedan musim dingin sampai akhir Agustus dan karena cuaca dingin wabah flu lebih mungkin menyebar karena banyak ruang tertutup dan warga tinggal berdekatan satu dengan yang lain.

Sembilan belas sudah dibawa ke rumah sakit anak-anak di Westmead, Sydney, antaar 3 April sampai 8 Juli lalu.

Pihak berwenang mengatakan 15 diantara anak-anak tersebut sebenarnya berhak mendapatkan vaksinasi flu gratis namun hanya dua yang menjalaninya.

Anak yang meninggal berusia di bawah lima tahun dan tidak mendapat vaksinasi flu.

Kepala Layanan Kesehatan NSW Kerry Chant mengatakan jenis flu yang paling banyak beredar sekarang adalah H1N1 yang menyebabkan wabah flu burung di tahun 2009.

"Influenza memang ada berbagai tingkatan, namun sebeanrnya adalah salah satu faktor utama orang harus dirawat di rumah sakit, dan bisa memakan korban termasuk kematian." katanya.

"Kita tahu dampak buruknya khususnya terhadap anak-anak dan perempuan hamil."

Statistik dari NSW Health menunjukkan bahwa sejauh ini sampai tanggal 8 Juli sudah ada 256 kasus positif flu.

Tahun lalu dalam periode yang sama ada 6.449 kasus.

Dr Chant memperkirakan bahwa tahun ini wabah flu muncul lebih lambat, dan para dokter memperkirakan kasus flu akan meningkat pesat dalam dua pekan mendatang.

"Sekali terjadi, kita akan melihat tingginya aktivitas flu di masyarakat, jadi ini bisa menjadi pengingat agar kita segera ke dokter untuk mendapatkan vaksinasi."

Dr Chant mengatakan diperlukan waktu dua minggu bagi vaksin untuk mulai bekerja efektif, dan anak-anak yang baru mendapat vaksin pertama kalinya, perlu mendapatkan dua dosis, masing-masing berbeda selama empat minggu.

Dua anak berusia di bawah lima tahun mneinggal karena flu di NSW selama musim flu tahun 2017.

Pemerintah negara bagian NSW memberikan vaksinasi flu gratis bagi anak-anak yang berusia antara enam bulan sampai lima tahun.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

 
SHARES
Komentar