Analisis Prof Salim Said tentang Jokowi Dikaitkan dengan PKI

Analisis Prof Salim Said tentang Jokowi Dikaitkan dengan PKI
Prof Salim Said saat diskusi virtual. Foto tangkapan layar di YouTube/mesya

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pertahanan Prof Salim Said mengungkapkan, sampai saat ini publik masih menganggap Presiden Joko Widodo (Jokowi) melindungi PKI.

Banyak juga yang menuduh Presiden Ketujuh RI itu keturunan PKI.

Menurut Salim, tuduhan itu lantaran Jokowi diusung oleh PDIP. Di PDIP, tuturnya, ada kader yang menulis buku Aku Bangga Jadi Anak PKI dan banyak keturunan komunis PKI di partai berlambang kepala banteng itu.

Oleh karena itu orang-orang lantas menghubungkan Jokowi dengan menyebutnya melindungi PKI. Tuduhan itu juga dihubungkan dengan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Prof Salim menilai tuduhan itu sangat merugikan Jokowi. Sebagai pengamat politik sekaligus ilmuwan sosial, mantan Ambasador RI untuk Republik Ceko itu mencermati soal Jokowi yang dikaitkan dengan PKI.

"Saya tidak terlalu percaya Jokowi itu komunis. Dia berada dalam posisi sulit saja karena yang mendukung dia adalah PDIP," tegasnya dalam kanal Hersubeno di YouTube.

Lebih lanjut Prof Salim mengatakan, PDIP meneruskan ideologi Bung Karno tentang nasionalisme, agama dan komunisme (Nasakom). Bung Karno, tuturnya, sampai akhir hayatnya juga tak pernah mengutuk PKI ataupun meninggalkan Nasakom.

"Menurut saya ideologi Nasakom itu tampaknya dipertahankan PDIP," ucapnya.

Prof Salim Said mengungkapkan ketidakpercayaannya kalau Presiden Jokowi adalah PKI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News