Anda Masih di Usia Produktif? Ini Nasihat agar Saat Tua Tidak Sengsara

Anda Masih di Usia Produktif? Ini Nasihat agar Saat Tua Tidak Sengsara
Menabung penting untuk memenuhi kebutuhan saat lansia. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Psikolog dari Universitas Indonesia sekaligus pemerhati untuk rumah jompo di Indonesia dan Amerika, Tati Indarto mengingatkan pentingnya mempersiapkan diri dari sisi keuangan demi hari tua Anda.

Ini sebenarnya pesan pada Anda yang kini masih berada pada usia produktif.

"Sebetulnya, yang saya nasihatkan bukan lansia tapi calon lansia, kumpulin uang supaya nanti saat lansia senang. Tetapi ini belum jadi sebuah kebiasaan di sini," kata Tati, dikutip dari Antara.

Tati mengatakan, para lansia terutama yang dirawat di rumah-rumah jompo cenderung tak memiliki uang lebih untuk memenuhi kebutuhan hiburan mereka.

Mereka ini semata hanya mempunyai uang untuk membayar biaya perawatan mereka per bulan di rumah jompo.

"Uang jadi barang langka, apa yang mereka punya hanya untuk membayar bulan per bulan dan enggak bisa untuk senang-senang lainnya. Jadi, tidak punya uang untuk mendapat selingan travelling atau apa yang memberikan kebahagiaan lain," kata dia.

Tak hanya Anda yang berusia produktif, Anda yang kini sudah menjadi seorang istri juga disarankan mulai menabung.

Menurut Tati, seseorang apalagi di masa tuanya tidak mungkin bisa hidup tenang dan nyaman tanpa dukungan keuangan yang dapat menopang kebutuhan para lansia, tanpa harus bergantung pada anak atau keluarga lainnya.

Bagi Anda yang saat ini masih berada di usia produktif, silakan simak nasihat psikolog ini agar saat lansia bisa tetap senang, tidak sengsara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News