Anggap Pemilu Aman, OSO Harapkan Stabilitas Terjaga

Anggap Pemilu Aman, OSO Harapkan Stabilitas Terjaga
Ketua DPD Oesman Sapta Odang menggunakan hak pilihnya di TPS 05 Kuningan Timur, Setia Budi, Jakarta Selatan, Rabu (17/4). Foto: M Kusdharmadi/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang (OSO) menyatakan, pelaksanaan Pemilu 2019 untuk memilih calon presiden dan calon anggota legislatif telah berjalan aman. Meskipun ada persoalan dalam Pemilu 2019, OSO menganggapnya sebagai dinamika yang wajar.

Menurut OSO, hal yang penting pasca-pemilu adalah stabilitas kondisi di dalam negeri. "Hendaknya tidak menganggu stabilitas politik, ekonomi, dan keamanan dalam negeri," kata senator asal Kalimantan Barat itu saat membuka Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Ruang GBHN, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (7/5).

Sejumlah pejabat penting juga hadir pada rapat itu. Antara lain Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, serta perwakilan Kemenkumham, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kejaksaan Agung.

Oso juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolri, Panglima TNI, BIN, Kejaksaan Agung, Kemendagri, Kemenkumham karena pemilu berjalan aman dan damai. Wakil ketua MPR itu mengharapkan pemerintah dan pihak lain mengambil pelajaran berharga dari pelaksanaan Pemilu 2019 yang menyerentakkan pemilihan calon presiden dan kandidat anggota legislatif.

"Saya berharap hasil evaluasi ini jadi salah satu bahan masukan pelaksaan pemilu-pemilu di tahun mendatang," paparnya.

Oso juga mengimbau semua pihak menahan diri dan tetap menjalin persahabatan sambil menunggu pengumuman resmi KPU tentang hasil Pemilu 2019 pada 22 Mei mendatang. "DPD juga mengajak semua pihak untuk menghormati instrumen hukum dan konstitusi yang dianut negara ini," ujarnya.(boy/jpnn)

 


Ketua DPD Oesman Sapta Odang alias OSO menilai Pemilu 2019 telah berjalan aman meski ada sejumlah persoalan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News