Anggaran Pendidikan hanya 3 Persen

Anggaran Pendidikan hanya 3 Persen
Anggaran Pendidikan hanya 3 Persen
PONTIANAK--Anggaran pendidikan dalam RAPBD 2012 Kalimantan Barat terancam menyalahi ketentuan dan jauh berkurang dari tahun 2011. Hal ini tergambar dalam Prioritas Plafond Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2012. Dalam Rencana Alokasi Belanja Langsung yang tertuang di PPAS tersebut, anggaran Dinas Pendidikan dipatok hanya sekitar Rp31,2 miliar dari total APBD sekitar Rp2,1 triliun atau sekitar 3 persen.

Sekretaris Komisi D DPRD Kalbar, Andry Hudaya Wijaya menyatakan prihatin atas kenyataan ini. Komitmen pemprov dalam upaya meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) Kalbar juga dipertanyakan.

''Dasarnya apa, kok hanya sekitar 3 persen? Kapan pendidikan kita mau maju kalau begini? Apakah selama ini Dinas Pendidikan dianggap tidak mampu mengelola anggaran besar?''katanya kemarin.

 

Andry mengakui, alokasi anggaran tersebut masih dalam bentuk PPAS dan belum final. Namun, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, alokasi anggaran dalam PPAS biasanya tidak terlalu jauh berbeda dengan alokasi anggaran dalam APBD. Kalaupun nanti dalam pembahasan APBD alokasinya ditambah, ia pesimistis jumlahnya dapat dinaikkan secara signifikan.

PONTIANAK--Anggaran pendidikan dalam RAPBD 2012 Kalimantan Barat terancam menyalahi ketentuan dan jauh berkurang dari tahun 2011. Hal ini tergambar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News