Anggota Bawaslu Berguguran dalam Seleksi KPU, Siapa yang Lolos?

Anggota Bawaslu Berguguran dalam Seleksi KPU, Siapa yang Lolos?
Tim Seleksi calon Anggota KPU dan Bawaslu periode 2017-2022, saat konpres di Kemendagri, Jakarta, Kamis (22/12) Foto: ist for JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Dua dari tiga anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang ikut seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2017-2022, dipastikan gagal .

Hanya Ketua Bawaslu Muhammad yang lolos tahap 36 Besar. Sementara Nelson Simanjuntak dan Daniel Zuhron dinyatakan tidak memenuhi syarat. 

Informasi tersebut diperoleh berdasarkan siaran pers hasil seleksi tahap II calon anggota KPU yang dikeluarkan tim seleksi, Kamis (22/12). 

Selain Muhammad, dalam daftar 36 nama yang lolos seleksi tahap II, juga terdapat nama lima komisioner KPU. Masing-masing Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Ida Budhiati, Arief Budiman, Sigit Pamungkas dan Hasyim Asy'ari. Sementara dua komisioner lainnya Juri Ardiantoro dan Hadar Nafis Gumay diketahui tidak lagi ikut mendaftar dalam seleksi kali ini. 

Calon lain yang lolos juga terdapat nama mantan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan. Kemudian dari unsur KPU DKI Jakarta terdapat Sumarno dan Betty Epsilon Idroos. 

"Sekitar pukul 13.00 WIB (Kamis-red) kami selesaikan nama yang memenuhi kriteria untuk lolos tahap III. Dari 300 calon anggota KPU, akhirnya kami memutuskan yang lolos tahap III ada 36 orang," ujar Saldi Isra selaku Ketua tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2017-2022 di Gedung Kemendagri, Kamis (22/12).

Bagi nama-nama yang lolos, selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan lanjutan pada Selasa (17/1/2017) mendatang. Bertempat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Kemudian uji dinamika kelompok dan test wawancara. 

"Tim seleksi juga mengundang masyarakat untuk memberikan masukan tentang rekam jejak para alon anggota KPU. Dilengkapi dengan dokumen pendukung, serta identitas, ditujukan ke timsel KPU dan Bawaslu di Gedung F Lantai 3 Kemendagri," pungkas Saldi. (gir/jpnn)

JPNN.com - Dua dari tiga anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang ikut seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2017-2022, dipastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News