Angkat Kuliner Nusantara Lewat Co-Brandung Dapur Solo dan Wonderful Indonesia

Angkat Kuliner Nusantara Lewat Co-Brandung Dapur Solo dan Wonderful Indonesia
Wonderful Indonesia. Foto: Kemenpar

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyebut Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) bakal menjadi andalan promosi pariwisata Indonesia.

"Mereka adalah anak-anak muda yang cinta Indonesia dan terus mempromosikan Wonderful Indonesia melalui media sosial," kata Menteri Arief Yahya di mimbar Balairung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam rangka penandayanganan nota kesepahaman MoU co-branding Wonderful Indonesia dengan Dapur Solo pada 10 Agustus lalu.

Sekitar 100 pengusaha yang mewakili brand produk nasional yang hadir di acara itu pun terdiam. Menurut Arief, anak-anak muda memiliki peran penting dalam mempromosikan sesuatu di media sosial.

"Anak-anak muda itulah yang membuat trending topic di media sosial. Mereka juga akan mempromosikan bersama Co Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia," kata Arief.

Itu pula yang akan membuat media value Kemenpar makin kuat. Termasuk dalam melakukan kolaborasi Co-Branding dengan Dapur Solo.

"Spiritnya sama, Indonesia Incorporated," ungkap Arief Yahya sembari mencontohkan trending topic #CoBrandWonderfulIndonesia.
 
Sedangkan Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti menambahkan, kuliner merupakan salah satu sarana promosi efektif untuk mendongkrak pariwisata. “Kuliner bisa menjadi pintu masuk yang bagus untuk pariwisata," tambah Esthy.

Kuliner ini dipilih menjadi alat promosi karena memiliki keragaman dan potensi besar yang dapat memikat wisatawan berlibur ke Indonesia. "Indonesia potensial menjadi negara pusat kuliner karena mempertimbangkan berbagai potensi kuliner sekaligus bahan baku yang kita miliki di seluruh pelosok nusantara,”ujar Esthy yang juga diamini Plt Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Hariyanto.
 
Founder Dapur Solo Swan Kumarga mengaku sangat antusias sekali bisa bekerja sama dengan Kemenpar. Perempuan berambut pendek itu juga akan menyandingkan brand Dapur Solo dengan Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia di setiap boks makanan yang diproduksi dapur Solo.
?“Saya antusias sekali Pak Menteri, sebelum MoU saya sudah mencetak di setiap kemasan Dapur Solo. Kuliner itu bagian dari pariwisata, dan saya sebagai pendiri Dapur Solo, walaupun belum begitu besar, saya yakin dengan melakukan kolaborasi bersama ini, Dapur Solo akan semakin besar,” ucap Swan.

Lebih lanjut Swan menjelaskan latar belakang berdirinya Dapur Solo yang dia rintis sejak 30 tahun lalu. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang harus mengurus anak yang masih kecil waktu itu, Swan tentu tidak punya kesempatan untuk bekerja di luar rumah.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyebut Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) bakal menjadi andalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News