Angkutan Gelap Beroperasi, Sopir Bus Mogok Kerja

Angkutan Gelap Beroperasi, Sopir Bus Mogok Kerja
Deretan bus jurusan Bontang-Samarinda diparkir di Terminal Bontang, Minggu (22/1). Foto: Kaltim Post/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Sudah dua hari terakhir para sopir bus jurusan Bontang-Samarinda, Kaltim, menolak mengangkut penumpang.

Mereka melakukan aksi mogok karena adanya angkutan gelap yang beroperasi di area terminal.

Kepala Terminal Bontang Jafar mengaku tidak bisa berbuat apa-apa. Dia menyebut, tidak memiliki wewenang karena sudah diambil alih Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim. Jajarannya pun hanya sebatas melaporkan.

“Kewenangan kami sekarang hanya mengatur lalu lintas di dalam area terminal, selebihnya tidak ada lagi. Mengenai sopir bus mogok, kami hanya bisa memantau,” ungkapnya, seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Jafar mengakui ada angkutan tak berizin yang beroperasi di dalam terminal. Teguran pun kerap dilayangkan, namun hanya dianggap angin lalu.

“Pihak kepolisian juga sudah tahu tentang aksi mogok ini. Tadi (kemarin, Red.) sempat datang melihat, namun polisi hanya memonitor keamanan saja,” katanya.

Salah seorang sopir yang enggan namanya ditulis di media mengungkapkan angkutan ilegal sudah lama beroperasi, namun dibiarkan. “Tapi, sejak Sabtu (21/1) kami berani melakukan aksi mogok,” terangnya.

Dia meminta ada tindakan tegas, karena area terminal khusus untuk kendaraan angkutan resmi. Sopir tersebut juga belum bisa memastikan sampai kapan aksi ini berlangsung.

Sudah dua hari terakhir para sopir bus jurusan Bontang-Samarinda, Kaltim, menolak mengangkut penumpang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News