Anies Baswedan Menanggapi Pidato Joe Biden di Kantor Direktur Intelijen Nasional AS

Anies Baswedan Menanggapi Pidato Joe Biden di Kantor Direktur Intelijen Nasional AS
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi pernyataan Presiden AS Joe Biden yang menyebut Jakarta bakal tenggelam 10 tahun lagi. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menyebut wilayah Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

Biden mengatakan hal itu saat berpidato tentang perubahan iklim di Kantor Direktur Intelijen Nasional AS, Selasa, 27 Juli 2021.

Dikutip dari rekaman webinar Ikatan Institut Teknologi Bandung, Selasa (10/8), Anies Baswedan menyebut pernyataan Joe Biden untuk pertobatan pola berpikir (paradigma) Amerika dari pola berpikir di era Presiden Donald Trump.

Menurut Anies, Biden sebenarnya sedang mengajak Amerika dan seluruh dunia agar mengubah paradigma ekonomi yang menginginkan agar keberlangsungan ekonomi harus selaras dengan kelestarian alam.

"Joe Biden sedang mengajak Amerika untuk melakukan kami sebut dengan istilah pertobatan paradigmatik. Karena kita tahu posisi Amerika pada beberapa tahun sebelumnya berseberangan sekali," katanya.

"Ini sejalan dengan salah satu peran utama Joe Biden yang mengkritik habis eranya Trump pada masa kepemimpinan sebelumnya. Trump bisa dibilang meminggirkan pertimbangan ekologis, menganggap regulasi lingkungan sebagai hambatan pertumbuhan ekonomi," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan pernyataan Biden yang memprediksi Jakarta akan tenggelam sejatinya tidak bisa diartikan secara sederhana.

Anies mengatakan, selain mengajak Amerika dan negara lain mengubah pola berpikir dalam ekonomi, pernyataan Biden memberikan tanda bahwa Indonesia menjadi perhatian dari masyarakat internasional dan dianggap penting sebagai salah satu tempat yang menunjukkan sehat-tidaknya ekosistem bumi.

Berikut ini tanggapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terhadap pernyataan Presiden AS Joe Biden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News