Antasari : Saya Akan Ceritakan Semua

Antasari : Saya Akan Ceritakan Semua
Antasari Azhar.
TERPIDANA kasus pembunuhan berencana terhadap Nasrudin Zulkarnain,  Antasari Azhar, kemarin (22/4) dijenguk belasan aktivis dari Dewan Penyelamat Negara (Depan) di Lapas Tangerang. Terpidana 18 tahun penjara yang pernah duduk di kursi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu blak-blakan mengungkapkan latar belakang kasus yang menimpanya.

Antasari menyebut dirinya korban rekayasa untuk menyingkirkannya saat menjadi ketua KPK. Sebab, banyak kasus yang sedang dia usut mengarah ke penguasa. Berikut adalah cuplikan paparan Antasari, baik dalam wawancara dengan wartawan maupun kepada para aktivis Depan.

 
Bagaimana proses hukum Anda saat ini?

Sebentar lagi saya akan mengajukan PK (peninjauan kembali). Saya tidak mementingkan apakah saya akan bebas atau tidak. Bukan putusan formal yang saya pentingkan. Saya ingin menyampaikan fakta agar nurani publik tergerak. Itu yang penting. Saat mengajukan PK, saya akan membacakannya sendiri. Saya punya maksud. Kalau lawyer yang membacakan, tidak ada nilai. Saya juga sudah memecat semua pengacara saya. Saya cuma pakai satu, Maqdir Ismail. Yang lain sudah tidak ikut dalam perjuangan ini.

 
Semasa memimpin KPK, Anda bilang pernah ditemui orang untuk mengintervensi sebuah kasus?

Ini saya tidak membuka, saya hanya bercerita. Mungkin bisa konfirmasi dengan Pak Boediono yang sekarang jadi Wapres. (Saat Boediono masih gubernur Bank Indonesia/BI), saya pernah ditemui di kantor saya di KPK. Pak Boediono ingin menyelamatkan Bank Indover (bank di Belanda yang sahamnya dimiliki BI. Karena kolaps pada 2008, pengadilan Belanda memberikan opsi bailout atau bangkrut).

TERPIDANA kasus pembunuhan berencana terhadap Nasrudin Zulkarnain,  Antasari Azhar, kemarin (22/4) dijenguk belasan aktivis dari Dewan Penyelamat…