Antisipasi Banjir, Dinas SDA DKI Jakarta Tambah Drainase Vertikal Tahan Beban

Antisipasi Banjir, Dinas SDA DKI Jakarta Tambah Drainase Vertikal Tahan Beban
Pemasangan drainase vertikal di Jalan Intan, Cilandak, Jakarta Selatan. Foto: Dok Humas Dinas SDA

jpnn.com, JAKARTA - Mengantisipasi daerah rawan banjir di ibu kota, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menambah drainase vertikal yang permanen dan tahan beban.

Kepala Dinas SDA Yusmada Faizal menyampaikan saat ini sejumlah lokasi drainase vertikal masih dalam proses pengerjaan.

"Saat ini pekerjaan drainase vertikal berada di Jl. Intan, Cilandak, Jakarta Selatan, nantinya drainase vertikal khususnya di jalan raya menggunakan penutup yang tahan terhadap beban kendaraan," tutur Yusmada, Sabtu (27/11).

Dia melanjutkan pekerjaan drainase vertikal masih dalam masa konstruksi.

"Penutup drainase vertikal di Jl. Intan yang rusak tersebut adalah penutup sementara. Nantinya vendor yang bersangkutan akan melakukan perbaikan dan penggantian penutup jenis heavy duty (beban berat) untuk menjamin keamanan berlalu lintas,” jelas Yusmada.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya untuk mengoptimalkan pembuatan drainase vertikal agar dapat menampung, menyimpan, serta menambah cadangan air tanah.

Selain mengurangi air hujan ke saluran pembuangan dan badan air, drainase vertikal juga mencegah timbulnya genangan dan banjir sekaligus bermanfaat di musim kemarau. (mcr28/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Mengantisipasi daerah rawan banjir di ibu kota, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menambah drainase vertikal yang permanen dan tahan beban.


Redaktur : Rasyid Ridha
Reporter : Wenti Ayu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News