Antisipasi Banjir, Kelurahan Pancoran Gerebek Lumpur di Saluran Penghubung Kalibata

Antisipasi Banjir, Kelurahan Pancoran Gerebek Lumpur di Saluran Penghubung Kalibata
Petugas tengah mengangkat lumpur untuk melancarkan pembuangan air di saluran penghubung Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, (19/9/2021). ANTARA/HO-Sudin Kominfotik Jakarta Selatan

jpnn.com, JAKARTA - Jajaran Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan, menggelar kegiatan Gerebek Lumpur atau pengerukan lumpur melibatkan banyak pihak, di saluran penghubung (panel hubung bagi/PHB) di Jalan Pengadegan Barat IX, Kalibata, Jaksel, Minggu (19/9).  

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mukhlisin mengawasi langsung Gerebek Lumpur yang dilakukan di sepanjang kurang lebih satu kilometer itu. 

Menurutnya, Gerebek Lumpur bertujuan melancarkan pembuangan air di PHB Kalibata guna mengatasi datangnya musim hujan.

“Ini dalam rangka pengendalian banjir, kami antisipasi, kami keruk (endapan lumpur) dan bersihkan, sehingga aliran air lancar tidak ada penyumbatan,” kata Mukhlisin. 

Dia menjelaskan bahwa masing-masing satuan tugas (satgas) mengerahkan 30 personel dalam Gerebek Lumpur kali ini.

Menurut dia, Gerebek Lumpur ini dilaksanakan oleh pasukan warna-warni. 

Dia berharap kegiatan itu dapat mencegah genangan air pada saat musim penghujan nanti, untuk menghindari terjadinya banjir

“Harapannya semoga nanti saat hujan turun, semua saluran-saluran lancar, saat hujan kita tidak ada lagi aduan dari masyarakat tentang genangan dan banjir,” kata Mukhlisin.

Jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempersiapkan diri mengantisipasi banjir di musim penghujan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh jajaran Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan yang melakukan Gerebek Lumpur di saluran penghubung Kalibata.