Antisipasi Kenaikan PT, Hanura Gandeng PBB

Antisipasi Kenaikan PT, Hanura Gandeng PBB
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban dan Ketua Umum Hanura, Wiranto pada pertemuan di DPP Hanura, Jumat (13/5). Foto : JPPhoto
JAKARTA - Rencana parpol-parpol besar di DPR menaikkan angka ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT) pada Pemilu 2014 mendatang dari 2,5 persen yang diberlakukan pada Pemilu 2009, terus mengundang penolakan. Pasalnya, semakin tinggi angka PT akan semakin banyak suara pemilih terbuang.

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Bulan Bintang (PBB) adalah parpol yang menolak PT dinaikkan. Ketua Umum Hanura Wiranto pun bertemu dengan Ketua Umum PBB MS Kaban di kantor DPP Hanura, Jumat (13/5), guna membicarakan antisipasi kenaikan PT.

Pada pertemuan tersebut Wiranto mengatakan, jika dalam Pemilu ternyata ada suara pemilih yang mubazir karena aturan, berarti ada yang salah dalam aturan tersebut. "Artinya UU itu ada yang salah dan harus diperbaiki lagi. Hanura mengharapkan tidak boleh ada suara rakyat yang dihilangkan," ujar Wiranto.

Karenanya, sambung mantan Panglima TNI itu, demi menjaga agar suara rakyat tidak hilang maka harus ada penyelenggaraan Pemilu yang kredibel dan menjamin tidak akan adanya pencurian-pencurian suara sebagaimana terjadi dalam pemilu lalu.

JAKARTA - Rencana parpol-parpol besar di DPR menaikkan angka ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT) pada Pemilu 2014 mendatang dari 2,5

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News