Antisipasi Lonjakan Covid-19, Martin Minta Erick Thohir Tingkatkan Fasilitas RS BUMN

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Martin Minta Erick Thohir Tingkatkan Fasilitas RS BUMN
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat rapat di DPR RI. Foto: dokpri Martin Manurung.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung meminta Menteri BUMN Erick Thohir meningkatkan fasilitas kesehatan di rumah sakit (RS) BUMN di saat penurunan kasus Covid-19 di Indonesia.

Permintaan ini sudah disampaikan Martin Manurung dalam rapat kerja bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Komisi VI DPR pada Rabu (22/9) lalu.

Politikus NasDem itu mengingatkan lonjakan kasus Covid-19 tetap harus diantisipasi meskipun sekarang terjadi penurunan angka positif Corona.

"Karena dari perkembangan yang ada di negara lain, seperti di Singapura juga sekarang naik, di berbagai negara juga naik," ucap Martin dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (26/9).

Untuk itu, Martin meminta Menteri Erick Thohir mempersiapkan RS BUMN untuk mengantisipasi kemungkinan kondisi terburuk yang bisa kembali terjadi.

Menurut Martin, pemerintah harus belajar dari keadaan sebelumnya ketika terjadi lonjakan kasus banyak pasien tidak terlayani lantaran kurangnya fasilitas RS, seperti tempat tidur, oksigen dan lainnya.

"Kita (pemerintah, red) harus menyiapkan diri juga seandainya terjadi gelombang yang berikutnya, sampai memang pandemi ini selesai," ujar dia.

Antisipasi itu penting mengingat data dari Our Word In Data (OWID) menyebutkan sejumlah negara besar yang sebelumnya mengalami penurunan kasus, tetapi belakangan dihadapkan pada lonjakan Covid-19.

Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung mengingatkan Menteri ERick Thohir meningkatkan fasilitas kesehatan di RS BUMN untuk antisipasi lonjakan Covid-19.