Antisipasi Lonjakan Permintaan, Pertamina Tambah Pasokan BBM

Antisipasi Lonjakan Permintaan, Pertamina Tambah Pasokan BBM
Mulai Minggu (10/2) ini Pertamina melakukan penyesuaian harga BBM. Foto: dok/JPG

jpnn.com, SURABAYA - Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) mempredikasi peningkatan konsumsi BBM dan LPG di wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara saat Lebaran meningkat tajam.

Oleh karena itu, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V membentuk Satuan Tugas (Satgas) penyedia bahan bakar yang bakal berjalan mulai 10 Juni hingga 11 Juli 2017.

General Manager Pertamina MOR V Herman M Zaini mengatakan, penambahan dilakukan karena penyaluran BBM tertinggi bakal terjadi pada Lebaran 2017 terjadi pada puncak arus mudik hari Jumat dan Sabtu tanggal 23 dan 24 Juni 2017.

”Namun pada umumnya tiga hari jelang Lebaran atau tanggal 19– 22 Juni terjadi peningkatan tren konsumsi BBM,” kata Herman seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Jumat (9/6).

Tren peningkatan akan tetap terjadi pada puncak arus balik terjadi hari 1 dan 2 Juli 2017. Akan tetapi, justru penyaluran gasoil akan mengalami penurunan H-7 hingga H+7 masa Lebaran seiring larangan beroperasi kendaraan berat.

Herman menjelaskan, berdasarkan tren penjualan dan realisasi Januari hingga Maret, Konsumsi Gasoline (Premium + Pertamax Series) akan mengalami kenaikan 10 persen dibanding harian normal.

Prediksi Gasoil (Solar/Bio+Pertamina Dex series) akan mengalami penurunan 14 persen, namun sisi Pertamina Dex dan Dexlite kan mengalami kenaikan 11 persen.

”Penurunan prediksi 2017 lebih rendah 2016 dikarenakan pada lebaran 2016 terjadi kondisi awal peralihan konsumsi dari produk PSO ke Pertamax series sehingga kenaikan sangat signifikan,” papar Herman.

Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) mempredikasi peningkatan konsumsi BBM dan LPG di wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara saat Lebaran meningkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News