Antisipasi Ramadhan, BRI Siapkan Uang Tunai Rp 13,6 T

Antisipasi Ramadhan, BRI Siapkan Uang Tunai Rp 13,6 T
Antisipasi Ramadhan, BRI Siapkan Uang Tunai Rp 13,6 T
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BRI) telah menyiapkan persediaan dana tunai Rp 13,6 triliun untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan pada bulan ramadhan. Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali mengatakan pada bulan puasa tahun ini diperkirakan akan ada peningkatan kebutuhan dana tunai sekitar 20 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Kemungkinan nilainya mencapai Rp 28,3 triliun. Sementara untuk saat jelang lebaran dan setelah lebaran tahun ini kami telah mensiagakan dana tunai sekitar Rp 13,6 triliun," katanya doi Jakarta. Ali mengatakan dana tersebut akan didistribusikan sesuai dengan permintaan cabang-cabang bank plat merah tersebut diseluruh Indonesia. "Pendistribusian akan dilakukan untuk kantor kas di ATM atau operasional cabang. Kesediannya akan tetap dijaga utamanya satu minggu menjelang hari raya," imbuhnya.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) menjelang bulan ramadhan terdapat penarikan uang kartal sekitar Rp 18 triliun. Tercatat kebutuhan uang kertas dan logam meningkat. Peningkatan disebabkan kebutuhan masyarakat jelang hari raya, apalagi dengan peluncuran pecahan uang baru Rp 1.000 dan Rp 10.000.

Pendistribusian dana tunai tersebut akan ditunjang dengan 4.986 atm ATM BRI dengan dana yang dicadangkan adalah rata-rata Rp 8 triliun selama persiapan lebaran. "Kai perkirakan juga terjadi peningkatan kebutuhan dana tunai di ATM sekitar 20 persen dibandingkan lebaran tahun kemarin," jelasnya.(luq)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BRI) telah menyiapkan persediaan dana tunai Rp 13,6 triliun untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan pada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News