Kamis, 23 Mei 2019 – 14:25 WIB

Apa Rasanya Terbang dengan Kabin Pesawat Transparan

Sabtu, 19 Januari 2019 – 14:55 WIB
Apa Rasanya Terbang dengan Kabin Pesawat Transparan - JPNN.COM

jpnn.com - Apa rasanya ketika berada di atas awan (35.000 kaki), Anda bisa melihat sekeliling secara bebas? Centre for Process Innovation (CPI) tengah mengembangkan teknologi kabin pesawat transparan alias tembus pandang.

Para peneliti di pusat inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis di Wilton, Cleveland, Inggris itu ingin mewujudkan hal tersebut melalui Layar sentuh OLED yang dipasang di bagian dinding dan menghilangkan jendela seperti di pesawat konvensional.

Dengan demikian, seluruh penumpang seperti merasa sedang duduk dan menatap jendela yang sangat besar bahkan tanpa batas, lansir Avianews.

Layar OLED tersebut menampilkan exterior environment secara realtime dari dalam menggunakan kamera luar. Layar OLED sendiri terbuat dari bahan organik yang memiliki kapasitas untuk memproyeksikan cahaya ketika dirangsang oleh gelombang listrik.

CPI mengatakan bahwa layar OLED yang bakal diterapkan tidak berbeda dengan layar OLED yang saat ini juga dipasangkan di ponsel.

“Kami memikirkan idea yang penuh kontroversial ini namun menarik karena menghapus jendela dari kabin pesawat dan menggantinya dengan layar untuk dapat melihat ke luar. Ini akan menurunkan berat pesawat, konstruksi akan lebih cepat dan membuka spektrum yang besar untuk kemungkinan desain interior,” dalam sebuah pernyataan Centre for Process Innovation.

Jadi, apakah Anda siap ketika duduk di dalam pesawat dengan ketinggian sekitar 35.000 kaki, sementara bagian kanan dan kiri Anda tampak suasana nyata di luar pesawat. (mg8/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar