Apakah Aman Menggunakan Toilet Umum di Kala Pandemi?

Apakah Aman Menggunakan Toilet Umum di Kala Pandemi?
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Sebuah studi yang diterbitkan baru-baru ini dalam Physics of Fluids menjelaskan potensi bahaya penggunaan toilet umum, di mana tetesan air dari toilet yang di-flush bisa naik hingga 3 kaki dan dihirup oleh penggunanya. 

Selain itu, studi ini juga menemukan bahwa sisa-sisa coronavirus dalam tinja seseorang bisa berada di permukaan lain atau berada lama di udara.

"Apa bagian paling berbahaya dari penggunaan toilet umum? Jawabannya adalah orang-orang yang menggunakan toilet umum tersebut," kata William Schaffner, MD, seorang profesor kedokteran di Divisi Penyakit Menular di Universitas Vanderbilt, seperti dilansir laman MSN, Senin (6/7).

Sebelum hendak menggunakan toilet umum, sebaiknya Anda mengenakan masker dan lihat seberapa padatnya toilet umum tersebut. Kemudian cek apakah toilet umum tersebut bersih atau tidak.

Jika terlalu mendesak, cobalah untuk menjaga jarak dan sebaiknya Anda menggunakan toilet umum yang lebih besar untuk menghindari kontak dekat dengan orang-orang di dalam toilet umum tersebut.

Anda juga sebaiknya membawa tisu yang bisa digunakan untuk menyeka dudukan toilet sebelum menggunakannya.

Saran dari Aaron E. Glatt, MD, ketua kedokteran di Mount Sinai Nassau Selatan adalah Anda harus menggunakan akal sehat. Jika Anda bepergian, cobalah untuk tidak menggunakan toilet umum sama sekali.(fny/jpnn)

Jangan lupa, sebelum hendak menggunakan toilet umum, sebaiknya Anda mengenakan masker.


Redaktur : Yessy Artada
Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News