JPNN.com

Apeksi Tuntut DAU 70 Persen

Selasa, 26 Januari 2010 – 17:13 WIB Apeksi Tuntut DAU 70 Persen - JPNN.com
JAKARTA- Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Eddy Santana Putra, mengatakan seharusnya pemerintah pusat memberikan alokasi Dana Alokasi Umum (DAU) dalam APBN sebesar 70 persen kepada pemerintah kabupaten/kota, bukan malah sebaliknya cuma 30 persen.

"Pemerintah pusat tidak fear. Masak Pemda cuma diberi 30 persen, mestinya dibalik Pemda dapat 70 persen dana DAU APBN. Kalau Rp1.000 triliun, berarti Pemda cuma kebagian Rp300 triliun dibagi 500 daerah, kecil sekali jadinya. Padahal pembangunan sesungguhnya ada di daerah. Lantas, untuk apa dana sebesar Rp700 triliun di pusat," beber Eddy Santana dalam rapat dewan pengurus di Hotel Aston Residence, Kuningan, Jakarta, Selasa (26/1).

Tuntutan tersebut juga akan disampaikan dalam Rakernas Apeksi yang akan diikuti sekitar 98 walikota se-Indonesia pada Juli mendatang di Bandung. Selain  persoalan DAU, beber dia, Apeksi juga akan memperjuangkan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada pemerintah pusat.

"Kami sudah sepakat untuk beraduensi dengan Presiden dan DPR-RI. Tujuannya, kami minta DAU itu diberikan porsi yang besar kepada daerah, kalau itu bisa terealisasi saya yakin dalam lima tahun pembangunan di daerah akan sangat pesat," ujar pria yang juga Walikota Palembang itu.(gus/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...