Aplikasi Informasi Asuransi Pertanian Siap Diluncurkan

Aplikasi Informasi Asuransi Pertanian Siap Diluncurkan
Foto: Kementan

jpnn.com, PALEMBANG - Pelaksanaan dan pendaftaran program asuransi usaha tani padi (AUTP) 2019 melalui sistem informasi asuransi pertanian (SIAP) disosialisasikan dan dibuka di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (2/2).

Kasi Lahan dan Irigasi Dinas TPH Lambar Ferdi Nitiarga yang mendampingi Plt Kadis TPH Yedi Ruhyadi menjelaskan, mulai tahun ini program AUTP dilaksanakan melalui sistem aplikasi SIAP atau online mulai dari pendaftaran, pengajuan polis hingga proses klaim.

"Saat ini terdapat 200 hektare lahan tanaman padi dari empat kelompok tani yang siap didaftarkan untuk mengikuti program AUTP pada tahun ini. Berkas pendaftaran dari petani telah didata untuk didaftarkan masuk program AUTP itu," ujar Ferdi.

Program AUTP 2019 ini baru akan dibuka pada Sabtu karena selama ini pihak asuransi Jasindo dan kementerian masih melaksanakan penyusunan perubahan aplikasi dari manual ke aplikasi SIAP.

Seluas 200 hektare lahan pertanian padi petani yang telah siap didaftarkan itu berasal dari Suoh dan Bandarnegeri Suoh.

Menurut Ferdi, tahun lalu data lahan tanaman padi petani yang ikut program AUTP mengalami kerusakan akibat hama tikus mencapai 15 hektare.

Klaimnya sudah diajukan kepada pihak asuransi, tetapi sampai saat ini klaim dana masih dalam proses.

Sejak program AUTP digulirkan, lanjut Ferdi, sudah ada petani di Lambar yang menerima dana klaim yaitu pada 2017 dan 2018.

Pelaksanaan dan pendaftaran program asuransi usaha tani padi (AUTP) 2019 melalui sistem informasi asuransi pertanian (SIAP) disosialisasikan dan dibuka di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (2/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News