Apresiasi Kurs Bikin Hemat Subsidi

Apresiasi Kurs Bikin Hemat Subsidi
Apresiasi Kurs Bikin Hemat Subsidi
JAKARTA - Penguatan nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar AS (USD) diharapkan bisa mengompensasi tingginya harga minyak dunia. Dengan begitu, beban biaya untuk impor BBM bisa ditekan.

      

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, potensi penghematan anggaran dari penguatan nilai tukar rupiah tahun ini bisa lebih banyak dibanding 2010. "Impor BBM kita tentu banyak," kata Hatta di Jakarta akhir pekan lalu.

Dalam APBN 2011, nilai tukar rupiah diasumsikan Rp 9.250 per USD. Kurs rupiah pekan lalu rata-rata bergerak di kisaran Rp 8.800 per USD. Harga minyak mentah Indonesia (ICP) diasumsikan USD 80 per barel. Sepanjang Januari-Februari, harga minyak mentah rata-rata USD 100,03 per barel. Subsidi BBM dalam APBN 2011 dianggarkan Rp 87,6 triliun.

Hatta kembali menegaskan keyakinannya bahwa kenaikan harga minyak hanya bersifat temporer. "Lagipula kalau pun ada kenaikan, dengan penguatan rupiah kita masih bisa mengatasinya," ujarnya. Saat ini, yang perlu diwaspadai adalah lifting atau produksi siap jual minyak. Dia meminta BP Migas terus berusaha meningkatkan lifting agar tidak mengganggu penerimaan negara.

JAKARTA - Penguatan nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar AS (USD) diharapkan bisa mengompensasi tingginya harga minyak dunia. Dengan begitu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News