APTI Sepakat Mendukung Pemimpin yang Pro Petani Tembakau untuk Jadi Presiden

APTI Sepakat Mendukung Pemimpin yang Pro Petani Tembakau untuk Jadi Presiden
APTI menggelar rapat pimpinan nasional di Semarang dan sepakat mendukung pemimpin yang pro petani tembakau. Dok APTI.

jpnn.com, SEMARANG - Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) di Semarang 27-28 Juni 2022. 

Dalam rapimnas itu, APTI menyatakan mendukung pemimpin yang pro petani tembakau untuk menjadi Presiden Indonesia pada 2024 mendatang. 

Ketua Umum APTI Agus Parmuji menyatakan kesepakatan itu diambil karena peran pemimpin sangat besar dalam penentuan nasib enam juta petani tembakau di 15 provinsi.

"Hanya pemimpin yang mengerti permasalahan tembakau yang dapat melindungi dan memperjuangkan petani dalam regulasi dan kebijakannya," ujar dia dalam siaran persnya, Kamis. 

Agus memberi contoh bagaimana sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sepak terjangnya sangat dirasakan petani tembakau Jateng. 

"Kami di Jawa Tengah, sudah merasakan betul efek dari kepemimpinan yang mengayomi petani tembakau. Pak Ganjar, sejak pertama kali menjabat gubernur, selalu mau turun saat wiwit tandur hingga nanti panen," kata dia. 

Selain sebagai bentuk perhatian, hal itu merupakan dukungan dan suntikan semangat kepada para petani di sentra-sentra penghasil tembakau di Jateng. 

Selain itu, Ganjar juga fokus agar Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) benar-benar dirasa manfaatnya oleh petani tembakau. 

APTI menggelar rapimnas di Semarang dan sepakat untuk mendukung sosok pemimpin yang pro petani tembakau untuk menjadi presiden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News