Arab Saudi Kurang Senang, 8 dari 10 Pria Calon Jemaah Haji Indonesia Perokok

Arab Saudi Kurang Senang, 8 dari 10 Pria Calon Jemaah Haji Indonesia Perokok
Calon jamaah haji berdoa sebelum berangkat ke Tanah Suci. Foto: DANNY LUTHVI/RADAR KUDUS

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia sering mendapatkan teguran dari pihak Arab Saudi, karena para jemaahnya suka merokok.

Nila menyebutkan angka perokok di kalangan calon jemaah haji (CJH) Indonesia begitu tinggi. Dia menyebutkan, angka yang begitu fantastis saat dia mendampingi senam jantung para calon jemaah haji.

"Bayangkan, jemaah haji itu saya dampingi senam jantung. Dari sepuluh orang laki-laki, delapan di antaranya merokok," ungkap Nila di Balairung Universitas Indonesia (UI) Kampus Depok, Senin (31/7).

Menurut Nila, perilaku itu akan bermasalah di Tanah Suci. "Yang dimarahin pemerintah Indonesia. Kenapa enggak larang merokok? Lho wong sudah disuruh enggak mau dengar," tukasnya.

Apalagi para calon jemaah haji rata-rata berusia lansia. Sehingga mereka rentan terpapar risiko penyakit karena daya tahan fisik yang lemah di tengah cuaca panas di atas 40 derajat. "Yang naik haji itu sebanyak 60 persen risiko sakit. Lansia paling banyak, rentan sekali," katanya. (ika/jpc)


Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia sering mendapatkan teguran dari pihak Arab Saudi, karena para jemaahnya


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News