Arus Balik Mudik, Stok AMDK Galon Menipis

Arus Balik Mudik, Stok AMDK Galon Menipis
Ilustrasi galon guna ulang. Foto: Dok Aqua

jpnn.com, JAKARTA - Stok air minum dalam kemasan (AMDK) galon di musim arus balik mudik terlihat mulai menipis di gudang-gudang distributor dan beberapa agen serta ritel-ritel modern seperti alfamart dan indomaret di Jabodetabek.

Selain diduga akibat dampak pelarangan angkutan truk sumbu tiga untuk AMDK di masa mudik lebaran, cuaca ekstrim yang terjadi saat ini yang membuat banyaknya pembelian dari para konsumen menjadi penyebab stok di beberapa agen penjualan semakin menipis.

Di sebuah agen yang berada di wilayah Cimanggis Depok misalnya, stok air galon hanya tersisa 10 galon saja. Menurut penjelasan dari pemiliknya yang bernama Suyatno, pembelian air galon pada masa-masa lebaran ini meningkat tajam. “Banyaknya pesanan dari masyarakat itu, mungkin juga karena cuaca yang sangat panas sekarang ini. Yang biasanya Cuma 50 galon per hari, tapi saat ini penjualan bisa mencapai 100 galon per harinya,” ujarnya.

Dia mengaku masih menunggu pengiriman stok lagi dari distributor. “Namun, katanya stok di gudang distributornya masih kosong,” katanya.

Kondisi serupa juga dialami beberapa agen AMDK galon dan ritel-ritel modern yang berada di daerah Ciledug, Tangerang Selatan. Di sebuah agen di Ciledug terlihat ada 500-an galon kosong yang ditumpuk di gudangnya. Menurut pemiliknya, Ibu Sitanggang, belum ada informasi untuk pengiriman lagi dari distributornya. “Saya sudah menelepon ke distributornya dan hingga saat ini belum ada kabar kapan akan dikirim lagi,” ungkapnya.

Di beberapa indomaret dan alfamart yang ada di wilayah Ciledug juga terlihat banyaknya galon-galon kosong yang bertumpuk di teras toko. Menurut salah satu karyawannya bernama Yanto, stok AMDK galon sudah habis sejak lebaran lalu. “Hingga kini kita belum ada pengiriman lagi dari distributornya,” tuturnya.

Kondisi yang sama juga terlihat di Indomaret yang ada di wilayah Ciledug. “Stok kami sudah habis pada saat lebaran lalu. Kami masih menunggu pengiriman,” tukasnya.

Tidak hanya di agen-agen dan toko ritel modern saja, kondisi di salah satu gudang distributor AMDK galon yang ada di wilayah Cimanggis juga terlihat kosong. Begitu juga dengan Depo yang ada di Cilodong, Kabupaten Bogor. Stok AMDK pada Rabu (25/4) tinggal tersisa 10 ribu galon. “Kami lagi berkoordinasi dengan pabrik untuk pengisian gudang yang sudah hampir kosong,” kata salah seorang staf gudang bernama Mada.

Stok air minum dalam kemasan (AMDK) galon di musim arus balik mudik terlihat mulai menipis di gudang-gudang distributor dan beberapa agen serta ritel modern.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News