JPNN.com

ASEAN Siapkan Integrasi Sistem Transportasi

Sabtu, 09 Oktober 2010 – 15:15 WIB
ASEAN Siapkan Integrasi Sistem Transportasi - JPNN.com
ASEAN Siapkan Integrasi Sistem Transportasi
AMBON — 10 negara di Asia Tenggara yang tergabung dalam Association of Southeast Asia Nations (ASEAN) sepakat menyusun masterplan untuk meningkatkan kerjasama multilateral di antara anggota ASEAN. Duta Besar Indonesia untuk ASEAN, Ngurah Swajaya mengatakan, salah satu tindak lanjut terpenting dari Piagam ASEAN adalah terbentuknya ASEAN Connectivity pada tahun 2015 mendatang.

Ditemui JPNN usai menjadi pembicara dalam ASEAN Regional Media Workshop yang mengangkat tema New ASEAN and its cooperation with dialogue partner, Sabtu (9/10) di Swiss-Belhotel Internasional Ambon, Ngurah mengatakan, masterplan ASEAN Connectivity yang disepakati, bukan hanya di bidang politik dan ekonomi, Masterplan yang sudah disepakati antara lain sistem transportasi yang terintegrasi di antara negara-negara di ASEAN.

"Salah satu masterplan yang sedang digarap serius adalah bagaimana transportasi se-ASEAN bisa menjadi satu koneksi. Nantinya akan digarap serius rel kereta api dari China hingga ke Singapura dan langsung ke Surabaya. Sementara untuk daerah bahari, di wilayah timur Indonesia akan dilakukan rehabilitasi atau modernisasi pelabuhan-pelabuhan," ungkap Ngurah.

Namun masterplan di bidang transportasi ini, diakui Ngurah bukan pekerjaan mudah. Terlebih lagi infrastruktur jalan, pelabuhan dan pelayanan di Indonesia, masih kalah jauh dibandingkan negara ASEAN lainnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara