Asosiasi Dorong Pemerintah untuk Meninjau Ulang Revisi PP PSTE

Asosiasi Dorong Pemerintah untuk Meninjau Ulang Revisi PP PSTE
Google Bisa Catat Transaksi Belanja Online Pengguna, Foto: Digital Trends

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah asosiasi perusahaan penyelenggara jasa digital, meminta pemerintah meninjau ulang revisi Peraturan Pemerintah Nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE).

Hal tersebut dilakukan menyusul risiko terkait jaminan perlindungan data masyarakat Indonesia.

Sejumlah asosiasi perusahaan penyelenggara jasa digital tersebut, meliputi Federasi Teknlogi Informasi Indonesia (FTII), Indonesia Data Center Provider Organization (IDPRO), Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI), dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Selain itu, terdapat pula Asosiasi Peranti Lunak Telematika Indonesia (Aspiluki), Indonesia ICT Institute, dan Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel).

"Revisi PP 82 tahun 2012 itu justru menutup kesempatan bagi warga negara untuk mendapatkan perlindungan data. Kedaulatan negara sangat dipertaruhkan apabila revisi PP PSTE itu disahkan tanpa kita memiliki regulasi perlindungan data yang memadai," kata Ketua Umum FTII, Andi Budimansyah, di Jakarta, Senin.

Asosiasi menyebut, isi draft revisi PP 82/2012 pada pasal 21 ayat (1), yang berbunyi "Penyelenggara Sistem Elektroni Lingkup Privat dapat mengelola, memproses dan/atau menyimpan Sistem Elektronik dan Data Elektronik di wilayah Indonesia dan/atau di luar wilayah Indonesia", bertentangan dengan pesan Presiden Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2019 dan pidato sambutan peresmian Palapa Ring pada 14 Oktober 2019.

Asosiasi-asosiasi itu menilai isi pasal 21 ayat (1) dalam revisi PP PSTE itu memberikan lampu hijau kepada penyelenggara sistem elektronik lingkup privat dan aplikasi-aplikasi yang berasal dari negara lain untuk dapat menyimpan data di luar wilayah Indonesia.

"Rencana revisi PP 82/2012 itu, selain merugikan dari sisi ekonomi nasional, tentu juga akan menjadi tantangan tersendiri bagi penegakan kedaulatan negara dan penegakan hukum. Kami mohon masukan kami dapat diperhatikan sebagai bagian dari rakyat digital Indonesia," kata Ketua Umum APJII, Jamalul Izza.

Asosiasi perusahaan penyelenggara jasa digital, meminta pemerintah meninjau ulang, revisi Peraturan Pemerintah Nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News