Asrorun Niam Tekankan Pentingnya Partisipasi Anak Muda Jelang Pemilu 2024

Asrorun Niam Tekankan Pentingnya Partisipasi Anak Muda Jelang Pemilu 2024
Tangkapan layar - Asrorun Niam Sholeh. (ANTARA/Asep Firmansyah/YouTube- Official TVMUI)

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi Pengembangan Pemuda menggelar Forum Organisasi Kepemudaan, Senin (5/12/2022).

Forum tersebut mengusung tema “Partisipasi Politik Anak Muda Jelang Pemilu 2024" yang diikuti para pemuda, pelajar, hingga perwakilan organisasi kepemudaan dari seluruh Indonesia.

Dalam pengarahannya secara virtual, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh menjelaskan forum tersebut digelar untuk menekankan pentingnya peran anak muda di dalam gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Peran tersebut bukan hanya dari segi politik elektoral, tetapi juga dalam memastikan politik kebangsaan berada di jalur keadaban untuk suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Sehingga (upaya ini) menghasilkan suksesi kepemimpinan nasional secara smooth, demokratis, akuntabel, dan menghasilkan kepemimpinan terbaik sesuai dengan tantangan zaman,” ujar sosok yang kerap disapa Niam itu.

Figur yang juga akademisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menambahkan, menurut data terakhir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) diperkirakan sebanyak 30 persen pemilih merupakan kalangan anak muda dari rentang usia 16 sampai dengan 30 tahun.

Jumlah pemilih tersebut dinilai cukup potensial bagi bangsa, tidak hanya dari sisi politik elektoral, tetapi juga dalam perannya memberikan edukasi politik kepada publik.

Peran edukasi, literasi, serta advokasi mengenai politik kepada masyarakat diharapkan dapat memacu penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan sukses, demokratis, jujur, dan menghasilkan pemimpin yang memberikan kemaslahatan kepada bangsa.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi Pengembangan Pemuda menggelar Forum Organisasi Kepemudaan, Senin (5/12/2022).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News