Atasi Kemacetan, Dephub Minta Pemda DKI Bersinergi

Atasi Kemacetan, Dephub Minta Pemda DKI Bersinergi
Atasi Kemacetan, Dephub Minta Pemda DKI Bersinergi
JAKARTA — Masalah kemacetan di ibukota Jakarta telah menjadi masalah nasional. Untuk itu, Departemen Perhubungan merancang beberapa program untuk mengatasi kemacetan tersebut. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan tengah merancang pengembangan sistem angkutan umum jalan raya terpadu dari dan menuju kota-kota penyangga DKI Jakarta.

"Upaya ini dimaksudkan untuk mengurangi tingkat kemacetan dengan menekan populasi kendaraan pribadi di jalan-jalan raya ibu kota," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Suroyo Alimoeso, Senin (18/1).

Suroyo mengatakan, salah satu program tersebut adalah menyiapkan angkutan bus pengumpan (feeder) Transjakarta (busway) dari wilayah penyangga seperti Bogor, Tangerang, Depok, serta Bekasi. Kata dia, bus-bus penumpang itu akan dioperasikan dari kota-kota penyangga menuju titik temu yang akan menjadi pusat transit. Lokasi titik temu itu sendiri terletak di wilayah perbatasan antara Jakarta dan wilayah penyangga.

”Dari Bekasi misalnya, titik transitnya nanti bisa di shelter di PGC Pulogadung. Untuk yang dari arah Bogor, bisa di Cililitan atau Cawang, dan lain-lain. Kemudian, di titik-titik pemberangkatan feeder itu bisa kita sediakan area-area parkir yang luas,” tambahnya.

JAKARTA — Masalah kemacetan di ibukota Jakarta telah menjadi masalah nasional. Untuk itu, Departemen Perhubungan merancang beberapa program

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News