Atasi Urbanisasi, Pedesaan Harus Dijadikan Sentra Produksi

Atasi Urbanisasi, Pedesaan Harus Dijadikan Sentra Produksi
Atasi Urbanisasi, Pedesaan Harus Dijadikan Sentra Produksi
JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah, La Ode Ida, menegaskan, untuk mengatasi permasalahan urbanisasi dari desa ke kota, Pemerintah tidak cukup hanya sebatas menghimbau saja. Menurutnya, yang perlu dilakukan Pemerintah adalah membangun sentra produksi di Pedesaan untuk menghindari urbanisasi.

"Perlu kebijakan khusus dan konsisten untuk bisa membangun sentra produksi di pedesaan supaya menjadi pusat pertumbuhan baru. Ini perlu kebijakan khusus dan konsisten, tidak hanya berupa imbauan saja," kata La Ode Ida pada diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/9).

Senator asal Sulawesi Tenggara ini menilai,  selama ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hanya memberikan imbauan saja, tanpa ada realisasi yang jelas. Padahal, tegas dia, imbauan itu sebenarnya bisa menjadi awal sebuah kebijakan, jika ditindaklanjuti dengan serius.

Makanya, dia pesimis, kalau hanya berupa imbauan saja, tidak akan pernah ada pusat unggulan atau pusat produksi baru yang bisa dikembangkan. "Harus ada kebijakan khusus untuk mengembangkan daerah dan membangun pusat pertumbuhan," tegas sang senator.

JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah, La Ode Ida, menegaskan, untuk mengatasi permasalahan urbanisasi dari desa ke kota, Pemerintah tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News