Audit Petral-PES Dinilai Buat Menutupi Lemahnya Kinerja Sudirman Said

Audit Petral-PES Dinilai Buat Menutupi Lemahnya Kinerja Sudirman Said
Effendi Simbolon. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Audit forensik terhadap anak perusahaan Pertamina (Persero) Petral-PES dinilai hanya untuk menutupi kelemahan kinerja Kementerian ESDM yang dipimpin Sudirman Said. Ini sama halnya ketika Rini Soemarno berupa melakukan pencitraan lewat ekspose kinerja BUMN.

Hal itu disampaikan Anggota DPR Effendi Simbolon, saat dihubungi, Kamis (12/10) menyikapi audit Petral-PES beberapa waktu lalu.

“Paparan keberhasilan kinerja dan ekspose audit Petral sebagai konsumsi politik Rini Soemarno dan Sudirman Said tidak akan banyak membantu meningkatkan buruknya kinerja mereka,” kataya.

Menurutnya, seberapa banyak pun usaha Sudirman dan Rini Soemarno melakukan paparan keberhasilan di saat injury time akan sulit. Sebab, keduanya bekerja secara spekulatif dan manipulatif. Hal itu menurut politikus PDI Perjuangan itu merusak tatanan pemerintah Jokowi-JK.

Hal ini disampaikan Effendi karena menurutnya Sudirman merupakan bagian dari jaringan masa lalu di ISC Pertamina-Petral PES bersama dengan Ari Soemarno. Sudirman pernah menjadi SPV ISC-Pertamina yang notabene adalah penentu dan pengambil keputusan impor minyak mentah dan BBM. Mereka berkongsi dengan dirut Pertamina waktu itu, Ari Soemarno.

"Sudirman Said sedang berakting dengan gayanya yang sok bersih. Niat pembuburan Petral tidak sepenuhnya tanpa kepentingan, ini lebih kepada mengambil kembali, merebut kembali kekuasaan dan kepentingan yang dulu mereka genggam," jelasnya.

Karena itu, Ia berharap Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bisa melihat kepentingan-kepentingan dari Sudirman Said dan Rini Soemarno di Petral.

“Telisik siapa saja yang bermain. Mulai dari Petral berdiri ataupun ketika Sudirman Said dan Ari Soemarno terlibat di dalamnya. Jangan kemudian maling teriak maling. Emang siapa dia. Dia kan antek, menyelamatkan diri sendiri, kasih tahu ke publik bahwa perkerjaan telah bersih dan berhasil,” pungkasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA – Audit forensik terhadap anak perusahaan Pertamina (Persero) Petral-PES dinilai hanya untuk menutupi kelemahan kinerja Kementerian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News