JPNN.com

Australia Ekstradisi Tersangka Penjahat Perang Serbia Dragan Vasiljkovic

Rabu, 08 Juli 2015 – 18:57 WIB
Australia Ekstradisi Tersangka Penjahat Perang Serbia Dragan Vasiljkovic - JPNN.com
Australia Ekstradisi Tersangka Penjahat Perang Serbia Dragan Vasiljkovic

Australia mengekstradisi tersangka penjahat Perang Serbia Dragan Vasiljkovic, yang juga dikenal sebagai Kapten Dragan ke Kroasia untuk menghadapi persidangan atas dugaan penyiksaan dan pembunuhan.

Dragan Vasiljkovic, yang juga dikenal dengan nama Daniel Snedded, menjadi salah satu penjahat perang yang dicari atas dakwaan terkait dengan Perang Kemerdekaan Zagreb antara tahun 1991 hingga 1995.

Dia merupakan Komandan paramiliter dengan kelompok pemberontak Serbia yang menentang kemerdekaan Serbia dari Yugoslavia.

Pria yang lahir di Belgrade dan kini berusia 60 tahun ini, merupakan warga negara Australia, dan Ia sebelumnya telah menolak seluruh dakwaan yang ditujukan kepada dirinya.

Selama satu dekade, Vasiljkovic berjuang menolak diekstradisi dari Australia.

Pernyataan yang diterbitkan di situs Departemen Jaksa Agung Federal menyatakan : "Vasiljkovic untuk sementara waktu ditangkap di Australia pada bulan Januari 2006 ". "Sejak saat itu, Vasiljkovic telah menggunakan haknya untuk menantang proses ekstradisi dalam 13 dakwaan terpisah. Upaya ini termasuk beberapa permohonan yang gagal dikabulkan di  Pengadilan Tinggi Australia," kata pernyataan itu.  

"Proses pidana terhadap Vasiljkovic di Kroasia adalah merupakan kewenangan otoritas Kroasia."

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
admin