Awas Penipuan SNM PTN Mulai Merebak

Awas Penipuan SNM PTN Mulai Merebak
Awas Penipuan SNM PTN Mulai Merebak

jpnn.com - JAKARTA - Pendaftaran seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) menjadi peluang modus kejahatan penipuan. Panitia penyelenggara seleksi tersebut mengimbau agar peserta mewaspadai iming-iming oknum yang menjanjikan kemudahan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dengan bayaran tertentu.

Kepala Sekretaris Panita Nasional SNM PTN 2014 Bambang Hermanto mengaku telah mendapat laporan kasus tersebut dari wilayah Bogor, Depok dan Tangerang. 

Modus mereka, kata Bambang, mengaku sebagai panitia penyelenggara SNM PTN yang bisa memuluskan usaha perserta seleksi untuk masuk ke PTN yang dituju. 

"Oknum tersebut mengaku bernama Agus Suparman. Dia meminta tarif tertentu sebagai syarat administrasi meloloskan peserta," ujarnya. 

Bambang memastikan, iming-iming tersebut adalah upaya penipuan. Sebab, aturan penerimaan peserta seleksi di sebuah PTN disesuaikan dengan ketentuan kampus yang bersangkutan dan jelas indikatornya. 

Jika ada peserta SNM PTN yang menerima tawaran "jalan pintas" tersebut, saran Bambang, sebaiknya langsung mengonformasi ke panitia pelaksana untuk memdapat kejelasan. 

"Kami hanya bisa mengimbau agar masyarakat waspada. Sebab, praktik tersebut sudah masuh ranah pidana yang merupakan tugas polisi," kata Bambang. (gum/ilo/oni/mas)

 


JAKARTA - Pendaftaran seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) menjadi peluang modus kejahatan penipuan. Panitia penyelenggara seleksi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News