Kamis, 23 Mei 2019 – 17:54 WIB

Ayo, Jadikan Pulau Derawan sebagai KEK Pariwisata

Senin, 01 April 2019 – 06:10 WIB
Ayo, Jadikan Pulau Derawan sebagai KEK Pariwisata - JPNN.COM

jpnn.com, BERAU - Sudah saatnya Kaltim mendongkrak pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata, antara lain dengan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Pulau Derawan. Hal ini penting lantaran sektor pertambangan, selain tidak ramah lingkungan, juga rawan turbulensi.

Salah satu daerah yang punya potensi besar untuk itu, yakni Berau. Selain memiliki destinasi wisata Pulau Maratua dan Derawan, Berau juga memiliki segudang potensi wisata lain. Di antaranya Labuan Cermin, sumber air panas asin Pemapak, Pulau Sangalaki, Pulau Kaniungan Besar, dan Pulau Kakaban.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengusulkan Berau sebagai bagian dari KEK Pariwisata. Menurutnya, langkah itu penting untuk dapat membawa kabupaten paling utara Kaltim itu sebagai salah satu destinasi unggulan nasional dan internasional.

Bila Berau dijadikan bagian dari KEK Pariwisata, maka akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan Pemprov Kaltim dan Pemkab Berau. Baik dari sisi investasi, pembangunan, dan pengembangan ekonomi masyarakat.

“Sekali mendapatkan status KEK, maka perizinan akan mudah. Nanti akan mendapatkan dukungan infrastruktur dan utilitas dasar dari pemerintah pusat,” sebut dia saat bertandang di Samarinda, Sabtu (30/3).

BACA JUGA: Menikah Bayar Rp 600 Ribu ke Bank, Jangan Kasih Amplop ke Penghulu

Manfaat lainnya, pemerintah daerah akan mendapatkan insentif fiskal. Itu dinilai bagus. Contohnya, seperti pajak dapat ditangguhkan selama pelaksanaan pembangunan. Kebijakan itu yang sangat diharapkan investor. Sekarang tinggal bagaimana Pemprov Kaltim dan Pemkab Berau menyambutnya.

“Saya berikan contoh, KEK Mandalika, itu investasinya sudah setara dengan USD 2 miliar. Kalau dirupiahkan, maka nilai investasinya sekitar Rp 28 triliun,” ungkapnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar