Bagaimana Kondisi Vaksin Corona yang Datang Malam Tadi, Ke Mana Distribusinya?

Bagaimana Kondisi Vaksin Corona yang Datang Malam Tadi, Ke Mana Distribusinya?
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan fisik vaksin COVID-19 yang datang dari China ke Indonesia, Minggu (6/12) malam tidak ada yang cacat.

Terawan juga memastikan kendaraan pendingin untuk pengiriman hingga gudang penyimpanan vaksin disiapkan dengan baik guna menjaga vaksin tidak rusak dan tetap aman.

"Pemeriksaan fisik dilakukan dengan teliti dan cermat, sehingga kai yakin status vaksin yang diterima dalam kondisi baik. Tidak ada kemasan atau isi yang rusak, dan suhu selama perjalanan atau pengiriman sesuai prosedur," kata Menkes Terawan dalam konferensi pers daring tentang kedatangan vaksin COVID-19 di Indonesia yang dipantau di Jakarta, Senin (7/12).

Selain itu Menkes juga telah memastikan bahwa BUMN produsen vaksin PT Bio Farma telah menyatakan kesiapan kendaraan berpendingin dalam kondisi baik.

Kendaraan berpendingin dimaksudkan untuk memonitor suhu vaksin dalam perjalanan tetap sesuai prosedur agar kualitas vaksin tidak rusak.

Selain itu gudang penyimpanan vaksin juga telah disiapkan agar dapat menampung 1,2 juta vaksin Sinovac dari China dengan manajemen rantai dingin yang sesuai prosedur.

Vaksin COVID-19 asal China ini akan didistribusikan ke dinas kesehatan provinsi di beberapa wilayah Indonesia untuk selanjutnya akan dikirimkan ke dinas kesehatan kabupaten-kota.

Menkes Terawan mengatakan vaksinasi COVID-19 tahap pertama akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga kesehatan penunjang yang bekerja di fasilitas kesehatan.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan kondisi terkini 1,2 juta dosis vaksin corona Sinovac dari China.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News