Bahaya! Biaya Nikah Dikorupsi, Generasi Muda Bisa Nekat Menjomblo Seumur Hidup

Bahaya! Biaya Nikah Dikorupsi, Generasi Muda Bisa Nekat Menjomblo Seumur Hidup
Korupsi membuat semua sendi-sendi negara tersandera. Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan mempunyai kekhawatiran melihat generasi muda di masa mendatang. Kekhawatiran Ade didasari lantaran melihat begitu maraknya korupsi yang merajalela di Indonesia.  

Terlebih, semua sektor kini sudah disusupi oleh para koruptor. Tak peduli baik di kota ataupun daerah. Bahkan kata Ade, biaya pernikahan yang kini semakin wah menurutnya juga tak luput dari korupsi.

"Biaya menikah juga bisa dikorupsi, dulu bayar penghulu hanya Rp 35 ribu, sekarang bisa Rp 600 ribu sampai jutaan," ulas Ade di acara diskusi Yang Muda, Yang Anti Korupsi di Aura Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (28/10).

Melihat fenomena tersebut, bukan tidak mungkin kata Ade, banyak generasi muda yang memilih jomblo terus-terusan ketimbang malu tidak bisa mencukupi biaya nikah yang semakin fantastis karena telah dikorupsi.

"Saya bisa melihat mereka-mereka bisa pilih jomblo saja karena biaya nikah yang makin mahal dan dikorupsi itu tadi," tuturnya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan mempunyai kekhawatiran melihat generasi muda di masa mendatang. Kekhawatiran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News