Balas Budi, Tiongkok Kirim Ratusan Dokter untuk Memerangi Virus Corona di Zimbabwe

Balas Budi, Tiongkok Kirim Ratusan Dokter untuk Memerangi Virus Corona di Zimbabwe
Tim ahli medis Tiongkok tiba di Bandara Internasional Phnom Penh, Kamboja, pada 23 Maret 2020. Foto: Xinhua/Mao Pengfei

jpnn.com, HUNAN - Tiongkok telah mengirimkan sebuah tim yang terdiri dari 12 ahli medis ke Zimbabwe untuk membantu upaya negara di Afrika tersebut dalam memerangi penyakit virus corona (COVID-19).

Pada Senin (11/5) pagi waktu setempat, para ahli medis yang berasal dari Hunan telah bertolak beserta pasokan medis sumbangan pemerintah provinsi tersebut. Sumbangannya sendiri terdiri dari ventilator, alat uji asam nukleat, masker, dan alat pelindung diri (APD).

Zhu Yimin, Wakil Direktur Komisi Kesehatan Provinsi Hunan sekaligus kepala tim medis itu, mengatakan bahwa Zimbabwe dan beberapa negara Afrika lainnya telah membantu Tiongkok saat negara tersebut dilanda wabah COVID-19 parah. Kini, para ahli medis dari Tiongkok diharapkan dapat membantu Zimbabwe dalam memerangi epidemi tersebut.

Kedua belas ahli medis itu berasal dari departemen pernapasan, departemen penyakit menular, dan bidang-bidang seperti pengobatan/perawatan intensif, pengobatan tradisional Tiongkok, pengendalian infeksi, kesehatan masyarakat, dan keperawatan. Sebagian besar dari mereka berpengalaman di garis depan upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Tim medis tersebut akan berbagi pengalaman dalam hal pengendalian dan pencegahan epidemi bersama rekan-rekan dari Zimbabwe, serta memberikan pelatihan pencegahan dan perawatan kepada para petugas medis setempat. Mereka juga akan memberikan pedoman dan bantuan kepada tim medis Tiongkok lainnya di Afrika melalui konferensi video.

Sejak Hunan mengirimkan tim medis pertama ke Zimbabwe pada 1985 sebagai bagian dari bantuan Tiongkok untuk negara tersebut, provinsi itu telah mengirimkan total 17 grup yang terdiri dari 166 petugas medis ke Zimbabwe guna memberikan sejumlah pelayanan medis bagi warga setempat. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Tiongkok telah mengirimkan sebuah tim yang terdiri dari belasan ahli medis ke Zimbabwe untuk membantu negara itu memerangi penyakit virus corona


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News