Bambang Sugianto yang 32 Tahun Mengoleksi Batu Akik, Awalnya Kalimaya Sang Ayah

Bambang Sugianto yang 32 Tahun Mengoleksi Batu Akik, Awalnya Kalimaya Sang Ayah
Bambang Sugianto saat memamerkan koleksi batu akiknya. FOTO: JAWA POS

jpnn.com - Kecintaan Bambang Sugianto merupakan terhadap batu akik tak perlu diragukan lagi. Bambang mengaku sudah mengoleksi akik sejak duduk di bangku SMP, tepatnya pada 1983. Kini koleksi batunya berjumlah ratusan. 

---

KECINTAAN Bambang terhadap batu akik bermula saat sang ayah R Soeripto baru pulang bertugas dari Timor Timur (kini Timor Leste). Kala itu Soeripto merupakan anggota TNI Angkatan Laut (AL). Sepulang bertugas, sang ayah membawa buah tangan berupa batu jenis kalimaya. Nah, sejak saat itulah Bambang mulai tertarik dengan batu akik. 

Bambang masih ingat betul akan batu kalimaya tersebut. Saat membersihkan rumah, dia pernah menemukan batu yang disimpan ayahnya. 

Pria kelahiran Surabaya itu pun memberanikan diri untuk memintanya. "Batu itu kemudian saya pasangkan ikat (ring) di Pasar Keputran," kenang Bambang. 

Sejak saat itulah Bambang muda mengenakan cincin akik meski kala itu sering ditertawakan teman-temannya. Ada yang bilang akik yang dikenakan seperti aksesori perempuan. 

Tapi, bapak tiga putri tersebut tetap menggunakan akik. Saat duduk di bangku SMA hingga kuliah pun, akik itu tak pernah lepas dari jemarinya. "Sejak saat itu, setiap kali bapak tugas, saya selalu minta oleh-oleh batu," ucap pria hobi batik tersebut. 

Bahkan, rekan Bambang yang mengetahui hobinya mengoleksi batu sering memberinya batu dengan beragam jenis dan warna. Mulai batu belimbing aceh, batu geometrik, batu hajar jahanam, sampai batu jenis kecubung. Ada juga biduri bulan, blue sapphire, stanza afrika, dan rubi burma. 

Kecintaan Bambang Sugianto merupakan terhadap batu akik tak perlu diragukan lagi. Bambang mengaku sudah mengoleksi akik sejak duduk di bangku SMP,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News