Bamsoet: Beli dan Gunakan Produk Dalam Negeri Bagian dari Bela Negara

Bamsoet: Beli dan Gunakan Produk Dalam Negeri Bagian dari Bela Negara
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengunjungi pameran IKM Bali Bangkit Tahap III 2021 bersama Gubernur Bali Wayan Koster, di Gedung Ksirarnawa Art Center, Denpasar, Bali, Jumat (17/9). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, BALI - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan pentingnya setiap anak bangsa membeli dan menggunakan produk lokal karya saudara sebangsa sendiri dibanding menggunakan produk impor.

Menurutnya, membeli barang produksi dalam negeri merupakan bagian dari bela negara menyelamatkan perekonomian nasional.

Dia menyampaikan, pandemi Covid-19 yang menyebabkan terhentinya kegiatan pariwisata, turut berdampak pada penjualan kerajinan tangan yang diproduksi oleh Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bali.

"Jika bukan dari saudara sebangsa sendiri, sulit rasanya mereka bisa bangkit," kata Bamsoet usai mengunjungi pameran IKM Bali Bangkit Tahap III 2021 bersama Gubernur Bali Wayan Koster, di Gedung Ksirarnawa Art Center, Denpasar, Bali, Jumat (17/9).

Menurut Bamsoet, momen pandemi Covid-19 justru menjadi perekat ikatan kebangsaan.

"Tidak hanya di masa sulit saja, ke depannya kita juga harus mengutamakan produksi dalam negeri dibanding produksi luar negeri," ujar Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, dalam menghasilkan produk kerajinan tangan, masyarakat Bali tidak sekadar memperhatikan desain dan kreatifitas semata, melainkan juga sebagai media menjaga warisan budaya luhur.

Tidak heran jika setiap kerajinan tangan yang dihasilkan memiliki kesan mendalam bagi para penikmatnya. Bamsoet menyampaikan, pameran Bali Bangkit III berlangsung dari 15 September hingga 14 Oktober, melibatkan lebih dari 70 pelaku IKM dan UMKM se-Bali.

Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengunjungi pameran IKM Bali Bangkit Tahap III 2021, Jumat (17/9)