Bamsoet Berpidato, Lalu Teringat Pesan Bung Karno Soal Ini

Bamsoet Berpidato, Lalu Teringat Pesan Bung Karno Soal Ini
Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet di dalam acara Peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-77 MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8). Foto: YouTube akun MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyebut sistem ekonomi Pancasila bisa terjadi apabila Indonesia berdikari seperti yang diwariskan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

Dia mengatakan hal tersebut saat berpidato di acara Peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-77 MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8).

"Presiden Soekarno berpesan, bangsa Indonesia jangan mau menjadi bangsa kuli dan menjadi kuli bangsa-bangsa lain," kata Waketum Partai Golkar itu dalam pidatonya.

Soal berdikari, Bamsoet teringat pesan Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang menyebut Indonesia tidak boleh menjadi bangsa bermental inlander dan bersikap inferior ketika berhadapan dengan negara lain.

"Tidak menjadi bangsa kuli dan menjadi kuli bangsa-bangsa lain, tidak bermental inlander dan bersikap inferior," ucap eks Ketua DPR RI itu.

Bamsoet mengatakan Indonesia harus mengembangkan sistem perekonomian merdeka seratus persen.

Tidak hanya itu, menurutnya Indonesia harus mau bergotong royong demi mewujudkan berdikari.

"Indonesia dengan potensi sumber daya alam yang melimpah, harus mampu memenuhi kebutuhan dasarnya sendiri, seperti pangan dan obat-obatan secara berdaulat," ujarnya.

Bamsoet menyebut sistem ekonomi Pancasila bisa terjadi apabila Indonesia berdikari seperti yang diwariskan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News