Bamsoet : Dukungan Parlemen 68 Persen untuk Pemerintah

Bamsoet : Dukungan Parlemen 68 Persen untuk Pemerintah
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas DPr for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menilai selama 3,5 tahun memimpin Indonesia, Presiden Jokowi berhasil mengonsolidasi mayoritas kekuatan politik sehingga terwujudnya stabilitas politik di dalam negeri.

Stabilitas politik inilah yang menjadi modal dasar bagi pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla dalam merealisasikan sejumlah program strategis yang termaktub dalam Nawacita.

“Hampir semua lembaga survei merilis tingkat kepuasaan publik terhadap Pemerintahan Jokowi-JK berada di atas angka 70 persen. Bidang politik selalu menempati posisi teratas. Keberhasilan Jokowi mengonsolidasi mayoritas kekuatan politik menjadi modal utama dalam mewujudkan Nawacita,” ujar Bamsoet dalam diskusi Survei Indo Barometer “Evaluasi 3,5 Tahun Jokowi-JK: Quo Vadis Nawacita" di Jakarta, Selasa (22/05).

Bamsoet menuturkan selama pemerintahan Jokowi-JK stabilitas politik relatif terjaga dengan baik.

Terutama, setelah Partai Golkar dan PAN bergabung dalam pemerintahan.

Dukungan parlemen kepada pemerintahan Jokowi-JK mencapai 68 %, sehingga agenda pembangunan berjalan dengan baik.

“Hal ini berbeda dengan masa-masa awal pemerintahan Jokowi-JK yang kurang mendapat dukungan dari DPR. Namun demikian, pengawasan terhadap pemerintahan Jokowi-JK tetap diperlukan dalam rangka tegaknya check and balance,” ujar Bamsoet.

Politikus Partai Golkar ini juga menilai Jokowi-JK berhasil membangun politik pembangunan nasional yang berorientasi Indonesiasentris.

Sejak Partai Golkar dan PAN bergabung dalam pemerintahan dukungan parlemen ke pemerintah jadi 68 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News