Bamsoet: HPN 2023 Harus jadi Momentum Tingkatkan Peran Pers sebagai Peranti Demokrasi

Bamsoet: HPN 2023 Harus jadi Momentum Tingkatkan Peran Pers sebagai Peranti Demokrasi
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet saat menerima kunjungan Ketua Umum PWI Atal S Depari bersama dua pengurus PWI lainnya, yakni Dar Edy Yoga (wakil bendahara umum), Suprapto (wakil sekjen) di Jakarta, Senin (30/1). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengharapkan agar peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 menjadi momentum untuk semakin meningkatkan peran pers sebagai peranti demokrasi yang mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui sajian informasi yang akurat, berimbang, dan terpercaya.

Puncak HPN 2023 yang mengangkat tema 'Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat' akan diselenggarakan pada 9 Februari di Medan, Sumatera Utara.

"Segenap insan pers harus dapat meningkatkan kualitas pemberitaan berkualitas yang hanya dapat dihasilkan oleh pers yang berkinerja secara profesional," kata Bamsoet.

Hal ini disampaikan Bamsoet setelah menerima pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sekaligus Panitia HPN 2023, di antaranya Atal S Depari (ketua umum), Dar Edy Yoga (wakil bendahara umum), dan Suprapto (wakil sekjen), Senin (30/1).

Ketua ke-20 DPR itu menyampaikan selain menjadi sebuah industri, media massa juga menjadi representasi institusi publik dan sekaligus institusi sosial.

Media massa tidak sekadar menjadi sarana penyebarluasan informasi, tetapi juga merepresentasikan fungsi kontrol, fungsi kritik, sekaligus memberikan ruang bagi partisipasi publik.

Melalui jangkauan dan tingkat aksesibilitas yang luas, media massa juga mempunyai peran strategis untuk membentuk opini publik, sebagai dinamisator dan mobilisator sosial, sekaligus akselerator perubahan.

"Tidak heran jika wartawan mempunyai kedudukan strategis dalam industri media, baik dalam memberi warna dan corak pemberitaan maupun dalam merekonstruksi persepsi dan opini publik yang dibangun dari sumber informasi yang berkualitas dan dapat dipercaya," ujarnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyampaikan dukungan sekaligus harapannya terhadap penyelenggaraan HPN 2023, simak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News