Bamsoet: Sekali Lagi Saya Tegaskan, Sikat Habis KKB

Bamsoet: Sekali Lagi Saya Tegaskan, Sikat Habis KKB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan sudah waktunya negara melakukan tindakan tegas terhadap teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. 

Oleh karena itu, sosok yang akrab disapa Bamsoet itu meminta pemerintah menurunkan kekuatan empat matra terbaik selain Brimob Polri, yaitu Gultor Kopassus, Raiders, Bravo, dan Denjaka, menumpas KKB. 

Dia menegaskan pemerintah perlu memberikan waktu secepatnya kepada pasukan terbaik tersebut untuk menumpas teroris KKB di Papua.

“Tidak boleh ada lagi toleransi terhadap teroris KKB untuk melakukan aksi kejahatan yang meresahkan masyarakat serta mengakibatkan korban jiwa," kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (19/9).

Bamsoet mengatakan itu terkait tindakan teroris KKB di Papua yang membakar puskesmas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Tindakan KKB tersebut membuat para tenaga kesehatan perempuan sampai dilecehkan hingga tewas, serta ditendang ke jurang.

Bamsoet kembali meminta pemerintah jangan ragu menindak tegas teroris KKB di Papua, terutama pascatindakan kelompok tersebut yang melakukan kekerasan terhadap tenaga kesehatan hingga meninggal dunia.

"Sekali lagi saya tegaskan, sikat habis (KKB di Papua), urusan HAM kita bicarakan kemudian,” ujarnya. 

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah tidak ragu menumpas KKB. Bamsoet menegaskan pemerintah jangan ragu bertindak hanya karena persoalan HAM.