Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup, Penerbangan Dialihkan ke 3 Bandara ini

Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup, Penerbangan Dialihkan ke 3 Bandara ini
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan penutupan sementara Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara mulai 26 Januari 2022 dalam rangka revitalisasi, sesuai Perpres Nomor 9 Tahun 2022.

Terkait dengan penutupan tersebut, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Halim Perdanakusuma mulai menjalankan skenario perpindahan operasional penerbangan ke lima bandara penerima (recipient).

Di antaranya yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Pondok Cabe (Jakarta) dan Bandara Budiarto (Tangerang).

President Director of AP II Muhammad Awaluddin mengatakan skenario perpindahan operasional penerbangan dirumuskan oleh tim Operation Readiness and Airport Transfer (ORAT), yang dibentuk AP II.

“Tim ORAT bersama stakeholder antara lain Kementerian Perhubungan, Kantor Otoritas Bandara Wilayah I, AirNav Indonesia, maskapai dan ground handling telah menyusun skenario perpindahan sejak sekitar dua bulan lalu. Pada hari ini juga telah dilakukan rapat koordinasi bersama seluruh stakeholder guna memuluskan skenario perpindahan operasional yang sudah disetujui seluruh pihak,” ujar Muhammad Awaluddin.

Awal menjelaskan, total terdapat 21 operator penerbangan, terdiri dari 2 maskapai niaga berjadwal, 17 maskapai niaga tidak berjadwal dan 2 maskapai kargo, dengan total  jumlah armada 67 unit pesawat.

"Ditambah juga 12 unit pesawat militer yang akan berpindah operasional dari Bandara Halim Perdanakusuma ke bandara penerima," papar Awaluddin.

Selama penutupan sementara, maskapai niaga tidak berjadwal dari Bandara Halim Perdanakusuma dipindah ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe dan Bandara Budiarto.

Selama penutupan sementara, maskapai niaga tidak berjadwal dari Bandara Halim Perdanakusuma dipindah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News